Manfaat Tersembunyi Berjalan Tanpa Alas Kaki

Sponsor Web : klik disini


JANGAN ragu untuk berjalan dengan bertelanjang kaki. Sebuah studi yang dikutip dari situs Medicmagic pada akhir Maret 2012 lalu menyatakan bahwa berjalan tanpa alas kaki di alam terbuka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berjalan tanpa alas kaki dapat menjaga keseimbangan tubuh serta meregangkan otot sekaligus memperkuat tendon, ligament, pergelangan kaki dan juga betis. Hal tersebut dikarenakan berjalan tanpa menggunakan alas kaki memungkinkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh.
Bagi Anda yang merasa stres dengan berbagai persoalan, cobalah untuk berjalan tanpa alas. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Berjalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kadar endorfin yang memberi efek bahagia pada manusia.

Telapak kaki memiliki sejumlah titik refleks yang terhubung ke hampir semua organ tubuh. Benjolan kecil, batu, atau permukaan kasar akan merangsang titik refleks pada kaki. Meskipun pada awalnya mungkin terluka, tetapi memiliki efek positif bagi tubuh untuk meredakan atau mengurangi berbagai gejala penyakit.
Saat waktu luang, sempatkanlah berjalan di rumput taman tanpa alas kaki. Bumi atau tanah memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, mengurangi efek peradangan, hormonan siklus sinkronisasi dan irama fisiologis, juga memberikan efek menenangkan. Jangan ragu untuk menanggalkan alas kaki saat bermain di alam terbuka. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga bagi ketentraman jiwa dan raga.

Ada juga tips lain neyh :
Apakah saat ini anda masih sering jalan kaki tanpa alas kaki? Saya yakin anda mungkin tidak pernah melakukan hal itu, termasuk saya sendiri. Ini di sebabkan zaman semakin modern dan jalan-jalan sudah di beton semua, sehingga menjadi rata dan keras.

Nah untuk mengatasi hal ini akhirnya manusia menciptakan alas kaki dengan tujuan untuk menjaga agar kaki tidak sakit saat jalan tanpa alas kaki. Namun ini justru menjadi penyebab penyakit, karena sebagus apapun manusia menciptakan alas kaki tidak akan pernah bisa cocok dengan dengan karakteristik kaki manusia.

Bahkan alas kaki yang di buat di zaman modern seperti sekarang ini justru merubah struktur kaki dan lebih mudah cidera. Menurut filosofi kuno, aliran energi atau chi dari bumi bisa di serap oleh tubuh secara otomatis melalui telapak kaki. Mungkin itulah yang membuat orang-orang zaman dulu tidak mudah cidera dan jarang sakit.

Perlu di ketahui bahwa berjalan tanpa alas kaki memiliki segudang manfaat yang jarang sekali di ketahui orang di zaman modern seperti sekarang ini. Menurut ahlinya, berjalan tanpa alas kaki 3 kali dalam satu minggu sangat disarankan. Berikut beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dengan berjalan tanpa alas kaki :

1. Berjalan kaki dimusim panas tanpa alas kaki memiliki manfaat mendinginkan tubuh, apalagi di lakukan di rumput yang banyak mengandung embun pagi.

2. Dengan tidak menggunakan sepatu, telapak kaki akan secara langsung menghasilkan gerakan untuk mengaktifkan otot-otot yang kaku sehingga sirkulasi dara ke jantung menjadi lancar. Fungsi sirkulasi yang lancar ini bisa mencegah bekuan darah di kaki, mengurangi stres pada sistem kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

3. Dengan berjalan tanpa alas kaki maka otot kaki akan menjadi rileks dan sikulasi dara menjadi lancar.

4. Berjalan tanpa alas kaki membantu menguatkan struktur kaki dan mencegah perubahan struktur kaki.

5. Berjalan tanpa alas kaki dapat mencegah terjadinya rematik apalagi kalau di lakukan di atas bebatuan yang tidak rata.


Gimana?? ayo cepetan cobain biar sehat... ^^


thumbnail Title: Manfaat Tersembunyi Berjalan Tanpa Alas Kaki
Posted by:Noval Nawawi
Published :2013-09-01T10:54:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Manfaat Tersembunyi Berjalan Tanpa Alas Kaki