Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dipersimpangan Jalan

Indonesia memiliki tingkat ekonomi yang terbilang tinggi dan stabil bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga di dunia. Jumlah penduduk yang besar dan melimpahnya sumber daya alam membuat Indonesia terus mengalami pertumbuhan signifikan dari waktu ke waktu. Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai penyelenggara negara pun mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki untuk terus bertumbuh.

Pemerintah dan DPR memang memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Kedua penyelenggara tersebut penentu suatu kebijakan yang dampaknya terhadap tumbuh atau tidaknya perekonomian. Peranan antara eksekutif dan legislatif ini sudah diatur dalam amanah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Dalam menjalankan amanah UUD 1945, pemerintah dan DPR harus melaksanakan wewenang dan fungsinya dengan baik. Salah satu hasil yang harus diraih yakni pertumbuhan ekonomi wajib berkualitas dan berkesinambungan, termasuk harus menekan tingkat kemiskinan.

Tidak dipungkiri mash banyak persoalan yang belum optimal diselesaikan oleh pemerintah dan DPR. Permasalahan tersebut membuat ekonomi Indonesia tumbuh tidak maksimal dan justru menimbulkan masalah pada sisi lain. Masyarakat akhirnya menuntut perubahan segera dilakukan, baik perubahan terhadap strategi kebijakan maupun perubahan struktur di dalam pemerintahan dan DPR.

Masyarakat yang tidak puas atas kinerja tersebut sebenarnya memiliki wewenang meminta pemerintah dan DPR mundur. Namun, tuntutan yang dilakukan harus sesuai dengan hukum dan konstitusi yang berlaku di Indonesia. Masyarakat tidak bisa meminta pemerintah dan DPR mundur begitu saja dan mencari pengganti seenaknya.

Di Indonesia terdapat sistem untuk menentukan DPR baru dan pemerintahan baru, yakni melalui sistem Pemilihan umum (Pemilu). Pemilu menjadi penentu kebijakan, apakah kebijakan lama diteruskan atau terjadi perubahan kebijakan signifikan dalam rangka mengimbangi permintaan masyarakat untuk mendapatkan kesejahteraan secara merata.

Melalui Pemilu akan ditentukan parlemen baru dan pemerintahan baru. Parlemen dan pemerintahan baru ini memiliki wewenang penuh untuk merubah kebijakan. Disinilah letak harapan baru bagi masyarakat, termasuk harapan dari para pelaku usaha dan investor asing yang hendak menanamkan investasi di Tanah Air.

Sayangnya, masyarakat Indonesia mengalami penurunan kepercayaan terhadap kinerja pemerintah dan anggota DPR saat ini. Banyak masyarakat mengambil sikap untuk tidak mengikuti Pemilu. Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) merubah paradigma masyarakat untuk mau menggunakan hak suara pun belum menghasilkan sesuatu yang signifikan.

Masyarakat perlu sadar bahwa hak suara yang dimiliki memiliki pengaruh besar terhadap masa depan bangsa, termasuk dampaknya kepada pertumbuhan ekonomi. Melalui Pemilu masyarakat bisa menentukan siapa yang layak untuk duduk di Pemerintahan baru dan DPR baru. Masyarakat bisa memilih calon anggota DPR mumpuni dan menyingkirkan yang tidak kompeten dalam rangka mengoptimalkan kepentingan rakyat.

Perekonomian Indonesia berada dipersimpangan jalan saat ini. Ekonomi Tanah Air akan tumbuh signifikan, tumbuh rendah atau tidak tumbuh sama sekali ditentukan oleh Pemilu. Masyarakat yang tidak menggunakan hak suara atau tertipu dengan tipu daya calon legislatif akan menjerumuskan Indonesia ke lembah kegelapan yang bernama krisis ekonomi.

Pemilu Gerakkan Aktivitas Ekonomi

Pesta demokrasi biasanya dihiasi oleh hiruk pikuk dikarenakan banyak pihak mengambil kesempatan di dalam kesempitan. Namun, penyelenggaraan Pemilu memiliki dampak positif terhadap aktivitas ekonomi Indonesia. Beberapa kalangan memperkirakan, penyelenggaraan Pemilu akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di tahun ini.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan, pengaruh Pemilu terhadap pertumbuhan ekonomi di 2014 akan berkontribusi sebanyak 0,1%, sedikit mengalami penurunan dari prediksi awal yakni sebesar 0,2%. BI menyatakan, penurunan tersebut dikarenakan peserta Pemilu di 2014 dari sisi partai politik maupun calon leigslatif (caleg) lebih rendah dibandingkan Pemilu sebelumnya.

Salah satu dampak positif lain yang terasa akibat penyelenggaraa Pemilu adalah adanya peningkatan bisnis di industri asuransi. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memperkirakan lini usaha asuransi kesehatan tumbuh signifikan disebabkan adanya kesadaran untuk melindungi diri saat Pemilu berlangsung. AAUI memprediksi lini usaha asuransi kesehatan mampu tumbuh diatas angka 20%.

Adapun dampak terbesar  Pemilu terhadap perekonomian Indonesia terletak pada sikap dan keputusan pemerintahan baru dan DPR baru untuk memajukan Indonesia. Pemerintahan baru dan DPR baru menentukan pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh secara berkelanjutan atau terjadi perubahan signifikan. Jawaban atas pertanyaan itu akan mampu terjawab ketika terbentuk pemerintahan baru dan DPR baru.

Sumber dari iMoney Indonesia

thumbnail Title: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dipersimpangan Jalan
Posted by:Deo Pradipta
Published :2014-04-18T17:45:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dipersimpangan Jalan